Tuesday, February 12, 2019

1. Sari Mentimun
Mentimun merupakan salah satu sayuran yang dapat menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Kandungan dalam mentimun ini sendiri meliputi potassium, magnisium, fosfor yang dapat mengobati hipertensi. Mentimun bersifat diuretik yang artinya dapat menaikkan laju urinasi, kandungan mineral dalam mentimun dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan data 30 responden didapatkan nilai rata-rata tekanan sistol dan diastolnya menurun seletah diberikan sari mentimun, berdasarkan hasil tersebut maka dapat simpulkan bahwa sari mentimun dapat menurunkan tenakan darah tinggi dengn cara menurunkan tekanan sistol dan diastol.

Sumber :
Hermawan A., Nana, N. 2018. Terapi Herbal Sari Mentimun untuk Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol.3 No.1.

2. Buah Pepaya
Buah pepaya dapat dijadikan alternatif pengobatan hipertensi. Pepaya mengandung kalium dan natrium dengan perbandingan 92 : 1. sedangkan makanan yang lain mengandung kalium dan natrium sebanyak 5 : 1. Kalium ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan intrasel. Tingginya kadar kalium dibandingkan natrium sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi. Terlalu banyak natrium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga tingginya kalium dalam pepaya dapat menyimbangi natrium penderita hipertensi. Selain itu menurut penelitian yang sudaha dilakukan pemberian buah pepaya pada responden juga dapat menurunkan tekanan sistol karena tingginya kadar kalium yang dimiliki oleh papaya. 

Sumber :
Farwati, A.2012. Pemberian Buah Pepaya Terhadap terkanan Darah Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Gampilan Yogyakarta. Naskah Publikasi.

3. Air Seduhan Bawang Putih
Bawang putih berkhasiat dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang putih memiliki senyawa aktif yang diketahui berpengaruh terhadap ketersediaan ion untuk kontraksi otot polos pembuluh darah yang berasal dari kelompok ajoene. Hasil penelitian yang pernah dilakukan terhadap ekstrak umbi bawang putih dengan dosis 2,4 g/individu/hari mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Penurunan tekanan darah terjadi 5-14 jam setelah perlakuan. Senyawa aktif yang terkandung dalam bawang putih diduga dapat menghambat masuknya ion ke dalam sel. Dengan demikian, akan terjadi penurunan konsentrasi ion intraseluler dan diikuti relaksasi otot. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya pelebaran ruangan dalam pembuluh darah, sehingga tekanan darah menjadi turun.

Sumber :
Mohanis.2015.PEMBERIAN AIR SEDUHAN BAWANG PUTIH TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH.Jurnal IPTEK Terapan 9 (1) (2015): 124-135.

4. Jus Buah Belimbing
Belimbing sudah sejak dulu digunakan sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Buah ini mengandung kadar kalium tinggi dan natrium rendah, sehingga sesuai dikonsumsi oleh penderita hipertensi







5. Air Rebusan Seledri

Air rebusan seledri terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada responden yang berjumlah  6  orang lansia. Seledri mengandung kalium yang cukup tinggi sehingga dapat mengobati penderita hipertenis. Kalium berfungsi sebagai penyeimbang jumlah natrium dalam cairan ekstra sel. Jika makanan yang dikonsumsi kurang mengandung kalium atau tubuh tidak dapat mempertahankannya dalam jumlah yang cukup, maka jumlah natrium akan menumpuk. Keadaan ini yang dapat  meningkatkan risiko terjadinya hipertensi. Mengkonsumsi rebusan seledri yang kaya akan zat kalium dapat memperbaiki kontrol tekanan darah. 

Sumber : 
Setiawan, B., Wiwik, A. Air Rebusan Seledri Menurunkan Tekanan Darah.

Pencegahan Penyakit Tekanan Darah Tinggi
Konsumsi natrium (sodium) yang berlebihan akan memicu kurangnya air yang dapat menambah volume darah dan akhirnya meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu batasi makanan mengandung garam natrium, di antaranya makanan olahan seperti (corned beef, ikan kalengan, lauk/sayur instan), saus botolan (saus cabai, saus tomat, kecap), makanan instan (mie, lauk instan), cake dan kue kering yang dibubuhi soda kue/baking powder.

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.