Friday, February 15, 2019

Apa yang menyebabkan seseorang memiliki kolesterol tinggi ??

Kolesterol tinggi merupakan kadar kolesterol yang melebihi batas normal. Kolesterol tinggi ini terjadi karena seringnya mengkonsumsi makanan tinggi lemak. Kadar kolesterol tinggi ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Kolesterol tinggi menyebabkan terjadinya sumbatan di pembuluh darah yang dapat mengurangi suplai darah ke jantung sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Selain itu tersumbatnya aliran darah juga dapat memicu terjadinya penyakit hipertensi dan stroke.  Hasil penelitian menunjukkan kadar kolesterol akan berkurang seiring dengan rendahnya asupan makanan berlemak.  

Kolesterol Tinggi, Tekanan Darah Tinggi dan Stroke
Seringnya mengkosumsi makanan tinggi lemak menyebabkan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi. Kolesterol ini kemudian akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah semakin besar, sehingga menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini sama seperti selang yang apa bila disumbat maka tekananya akan semakin tinggi. Selain itu tekanan darah tinggi juga memicu penyakit jantung koroner. Kolesterol ini juga dapat menyumpat pembuluh darah yang ada di otak dan apa bila tekanan pembuluh darah semakin besar karena sumbatan tersebut maka pembuluh darah akan pecah dan menyebabkan saraf disekitarnya tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat menyebabkan penyakit stroke.

Konsumsi makanan dengan serat tinggi dapat membantu menurunkan absorpsi lemak dan kolesterol di dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet serat dengan cara mengkonsumsi makanan tinggi kacang polong, termasuk kacang merah, mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah hingga 10% pada penderita hiperkolesterolemia.


Sumber :
Yoeantafara, A., Santi, M. 2017.PENGARUH POLA MAKAN TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL.JURNAL MKMI, Vol. 13 No. 4.

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Search This Blog

Powered by Blogger.